Senin, 13 November 2017

9 Cara Mudah Mencari dan Mendapatkan Ide Postingan Blog Setiap Hari Dalam Lima Menit

Cara Mudah Mencari dan Mendapatkan Ide Postingan Blog
Ide Blog
Apakah anda pernah merasa kebingungan saat mencari dan menemukan sebuah ide topik untuk ditulis di blog? Pasti anda pernah, hampir semua blogger pernah merasakan hal yang sama, yaitu bingung saat mencari ide postingan artikel baru untuk ditulis di blognya. Termasuk saya juga.

Hal ini biasanya muncul saat seorang blogger telah lama ngeblog, kira - kira paling lama satu bulan. Biasanya para blogger diusia itu mudah merasa bosan dan susah menemukan sesuatu yang baru untuk dipublikasikan di blog miliknya. Apa lagi blog tersebut fokus dan berpatokan pada satu niche atau satu topik.

Bagaimana Cara Mencari dan Menemukan Ide Postingan Menarik Untuk Blog?


Karena pertanyaan tersebut saya terdorong untuk membuat postingan ini. Maka dari itu saya akan mencoba untuk berbagi dan membedah semua rahasia untuk mendapatkan ide baru buat dipublikasikan di blog versi saya sendiri.

Cara Mudah Mencari dan Mendapatkan Ide Postingan Blog
Waktu Blog
Berikut adalah 9 Rahasia yang sering saya terapkan untuk menemukan satu ide unik dan menarik setiap hari untuk blog hanya dalam hitungan menit:

1. Sering - sering melakukan blogwalking.


Apa itu blogwalking? Blogwalking menurut yang saya baca di blog sebelah adalah sebuah aktifitas yang melibatkan satu blog atau lebih, biasanya blog dengan niche sama. Lebih sederhananya blogwalking adalah aktifitas mengunjungi satu blog atau lebih.
Dengan melakukan blogwalking manfaat yang bisa kita rasakan salah satunya menemukan ide baru untuk dijadikan postingan diblog utama.

Bagaimana caranya blogwalking?
Caranya cukup mudah untuk dilakukan dan anda terapkan, bahkan seorang pemula bisa melakukannya tanpa pelatihan terlebih dahulu. Disini saya akan memberikan dua cara untuk mencari ide postingan dengan cara melakukan blogwalking, di bawah ini adalah dua cara yang sering saya lakukan:

1.1 Memodifikasi judul - judul postingan yang ada pada blog orang lain.

Coba anda lihat dan perhatikan setiap judul yang ada pada blog orang. Bila sudah menemukan judul postingan yang menurut anda mudah untuk diuraikan menjadi sebuah postingan unik dan menarik di blog , silakan dimodifikasi sedemikian rupa agar menjadi postingan dengan judul menarik. Contohnya, saya punya sebuah blog dengan niche Blogging.

Karena saking lamanya ngeblog otak saya buntu untuk mencari ide baru buat di bahas di blog. Saya coba untuk mengunjungi blog yang seniche dengan blog saya yakni blogging blog populer.

Salah satu contoh, saya gunakan blog PanduanIM. Disana ada beberapa artikel yang bisa saya paparkan dengan lancar yaitu:

  1. 5 Tahap Untuk Bisa Masuk Kehalaman Pertama Digoogle Dengan Keyword Apapun,
  2. 3 Strategi Mempromosikan Konten Blog Yang Paling Efektif dan Hemat Waktu,
  3. 8 Cara Menemukan Topik Konten Untuk Blog Yang Terjamin Akan Menjadi Populer.

Disini pasti sudah ketebak dari mana saya mendapatkan ide inspirasi menulis judul postingan ini, ya tepatnya yang urutan nomer 3, dan jadilah postingan artikel yang berjudul 9 Cara Mudah Mencari dan Menemukan Ribuan Ide Postingan Blog Dalam Satu Menit Atau Kurang walau isinya beda dengan referensi judul yang saya ambil di blog PanduanIM.

Cara memodifikasi judul postingan orang lain yang saya maksud, yaitu mencatat judul postingan blog target lalu modifikasi agar menjadi semenarik mungkin sesuai keinginan anda.

Bila blog anda memiliiki niche selain blogging, anda bisa menggunakan cara ini yaitu mencari blog sesuai niche blog yang anda miliki. Bisa anda cari di google dengan mengetikkan kata kunci atau keyword niche blog anda.

1.2 Membaca postingan dan lengkapi apa yang kurang.


Maksud dari poin 1.2 ini adalah suatu tindakan atau aktifitas yang bisa anda lakukan agar mendapatkan ide sesuai dengan apa yang anda inginkan. Contohnya hampir sama dengan poin 1.1, tapi bedanya kita harus membaca terlebih dahulu postingan artikel orang lain dengan konsentrasi tinggi agar menemukan sebuah ide untuk menulis artikel di blog. Yang bisa anda lakukan adalah mencari kekurangan dari apa yang dipaparkan oleh blog yang anda kunjungi.


Seperti, anda baru saja membaca sebuah postingan artikel tentang "Solusi Mudah Cepat Pintar" dan ternyata setelah dibaca ada sedikit kekurangan. Biasanya muncul pertanyaan - pertanyaan "terus apa selanjutnya?" , "solusinya apa?" , "tipsnya apa?",dan sebagainya.

Nah, dari situ anda bisa paparkan kekurangan tersebut dalam sebuah postingan di blog yang anda miliki. Contonya anda menemukan pertanyaan "apa selanjutnya yang saya lakukan setelah belajar biar pintar?" lalu langsung saja buat artikel tentang hal tersebut, hasil judulnya biasanya seperti ini "Hal yang harus Anda Lakukan Setelah Belajar Agar Cepat Pintar" terus anda paparkan dengan ilmu dan pengalaman yang anda punya.

Agar poin 1.2 berjalan, anda harus membutuhkan pikiran yang kritis dan jeli terhadap apa yang anda dapatkan. Anda bisa mencobanya dengan artikel yang seniche dengan blog anda.

2. Luangkan waktu untuk membaca informasi dimedia masa.


Cara ini hampir sama dengan cara 1, karena pada dasarnya menggunakan kedua poin yang terdapat pada cara 1. Yaitu mengubah judul untuk dijadikan ide dan membaca isi lalu melengkapi kekurangannya.

Bila tidak ada kuota anda bisa menggunakan cara dua ini. Dengan membeli koran,majalah, menonton tv serta mendengarkan radio dengan penuh konsentrasi.

Bila ada ide untuk dijadikan postingan baru langsung catat dan ketik, jangan sampai anda menunda - nundanya. Karena pengalaman saya waktu pas dapat ide tidak dicatat, terus dalam beberapa menit saya lupa apa yang harus saya tulis.

3. Manfaatkan Media Sosial yang anda miliki untuk mencari ide baru.


Hampir semua kalangan dan semua blogger punya yang namanya sosial media atau istilah kerennya sosmed. Entah itu Facebook, Twitter, G+, dan sejenisnya.
Jangan hanya buat promosi link, tapi anda juga harus imbangi dengan memanfaatkannya untuk berbagi pengalaman, serta bertanya tentang apa yang belum anda ketahui.
Dalam hal ini bisa anda gunakan sebagai media untuk mencari inspirasi menulis. Caranya sebagai berikut:

3.1 Gabung dengan grup atau komunitas.


Langkah awal yang harus anda lakukan adalah bergabung terlebih dahulu dengan grup atau komunitas yang sesuai dengan niche blog anda.

Untuk facebook dan google plus anda bisa bergabung dengan grup - grup dan komunitas yang banyak anggotanya dan sesuai dengan niche blog anda.
Umpama blog anda tentang kesehatan, maka cari grup atau komunitas kesehatan. Cara sederhananya ketik niche blog anda kalau itu kesehatan ketik kesehatan. Klik grup atau komunitas yang banyak anggotanya lalu gabung dengan grup atau komunitas tersebut.

3.2 Simak baik - baik apa yang ditulis anggota grup.


Bila permintaan anda untuk bergabung dengan komunitas dan grup tersebut diterima, langsung saja anda simak baik - baik apa yang dibuat oleh anggotanya. Bila ada masalah atau pertanyaan maka itulah salah satu ide baru untuk anda buat. Langsung catat dan cari solusinya atau caranya.

Umpama blog anda tentang kesehatan. Di grup kesehatan ada yang bertanya:
Gan saya punya keluhan nih yang mengganggu aktifitas saya setiap hari. Yakni sakit pada bagian kepala. Tolong dong kasih tahu tentang tips dan cara menghilangkan sakit kepala dengan ampuh.
Sebenarnya itu bukan pertanyaan, tapi hanya keluhan anggota grup atau komunitas itu. Kalau melihat hal tersebut kenapa anda tidak mencoba untuk membuat postingan artikel tentang hal tersebut?

3.3 Lebih mudahnya coba ajak anggota grup atau komunitas untu bertanya.


Bila anda rasa poin 3.2 itu sulit, maka alternatifnya adalah memberikan kesempatan anggota disana untuk bertanya. Umpama blog anda tentang pelajaran mapel disekolah Contoh treend atau status yang anda buat bisa seperti di bawah ini:

Buat yang punya kesulitan dalam mengerjakan tugas, silakan berkomentar tentang kesulitan anda itu di komentar. Saya siap bantu dengan semampunya.

Silakan kereasikan ajakan anda sesuai gaya bahasa masing - masing.
Silakan tunggu hingga ada respon dari anggota disana. Contohnya "bang saya punya kesulitan nih untuk membuat sebuah puisi, tolong dong tipsnya agar saya bisa membuat puisi"
Kenapa tidak anda coba untuk membantu dia? Selain dapat ide postingan anda bakal dapat tuh calon pengunjung dari media sosial.

4. Baca ulang artikel yang sudah pernah anda buat.


Tidak ada salahnya untuk membaca kembali apa yang pernah anda buat sebelumnya.
Apa tujuannya ? Tentu saja untuk menggali lebih dalam tentang postingan artikel lama agar menjadi ide baru yang bisa anda gunakan sebagai bahan postingan.

Caranya hampir sama dengan poin 1.2 yakni membaca lalu menemukan kekurangan serta membuat agar pembahasan tentang hal tersebut menjadi lebih dalam.
Yang saya maksud adalah menambahkan sesuatu atau membahas lebih dalam tentang sesuatu yang belum anda bahas diartikel sebelumnya.

Umpama anda punya artikel tentang "Cara main gitar biar cepat bisa" pas dibaca ternyata ada sesuatu yang belum anda bahas, contohnya anda belum membahas "cara menyetel gitar" maka hal tersebut bisa anda jadikan sebagai ide postingan unik dan menarik selanjutnya.

5. Coba manfaatkan mesin pencarian.


Mesin pencarian atau Search Engine (SE) adalah salah satu tempat untuk mencari segala sesuatu yang kita butuhkan. Ternyata mesin pencarian bisa kita manfaatkan sebagai tempat untuk mencari inspirasi menulis diblog, contohnya mesin pencarian Google salah satu raksasa mesin pencarian yang sangat populer saat ini.

Untuk mencari sebuah ide di mesin pencarian coba anda ketik kata kunci yang mau anda cari , umpama tentang "berenang" nah maka akan muncul banyak web yang membahas tentang berenang.

Silakan cek setiap judul yang muncul, silakan bisa anda ubah atau modifikasi seperti pada poin 1.1 diatas. Tapi, selain itu anda juga bisa memanfaatkan halaman Image atau gambar yang merupakan salah satu fasilitas yang ada di mesin pencarian.

Cara mencari ide postingan baru dengan cara ini cukup mudah. Yakni dengan melihat - lihat semua gambar yang ada didalamnya. Bila ada gambar yang unik dan membuat anda terinspirasi untuk membuat postingan. Maka catat langsung di buku kosong, biar inspirasi tersebut tidak hilang.

6. Baca buku kesukaan.


Semua orang pasti punya buku kesukaan entah itu buku tentang cerita,tips,info,dll.
Pernahkah anda kepikiran untuk menulis ulang isi yang ada didalam buku tersebut untu dijadikan postingan?

Apakah ini aman mas? Sebenarnya aman dan sah - sah saja untuk dilakukan. Tapi ada baiknya anda baca terlebih dahulu isi dari buku tersebut lalu menceritakan dan memaparkan ulang isi dari buku tersebut menggunakan bahasa khas anda.

Dan ingat jangan pernah mengkopi paste semua isi dari buku tersebut, jika anda tidak ingin terkena masalah. Jika hal tersebut terjadi maka itu bukan tanggung jawab saya.

7. Amati sesuatu yang ada disekitar anda.


Coba sesekali anda keluar rumah, terus mengamati semua yang anda lihat, umpama anda ingin mengamati tentang mobil. Lihat dengan baik - baik apa yang anda lihat, terus apa yang anda lihat itu memunculkan ide anda untuk membuat postingan.

Umpama ide yang muncul dalam pikiran kamu adalah "cara mengecat mobil yang benar" bila anda menguasai topik tersebut, anda bisa langsung menulisnya. Jika tidak, anda bisa menanyakan tentang hal itu langsung ke ahlinya.

8. Gali apa yang ada pada diri anda.


Intropeksi diri atau istilah balinya ngulatsarira, adalah salah satu macam cara untuk mendapatkan sebuah ide yang menarik untuk dijadikan bahasan diblog.
Cara yang bisa anda lakukan adalah merenung sejenak dan ajukan pertanyaan pertanyaan ke dalam diri anda. Contohnya "apa yang harus saya lakukan ?" , "ide apa yang unik buat dijadikan bahan postingan?" , "apa yang harus saya buat?" terus ucapkan didalam hati.

Jika plong dan muncul sebuah ide, langsung saja anda buat biar tidak cepat hilang.
Biasanya hal ini mempan buat mereka yang punya intuisi kuat, tapi buat anda yang belum punya intuisi yang kuat. Silakan bisa search di google tentang "cara membuat intuisi atau kata hati menjadi peka terhadap pertanyaan".

9. Jangan malu bertanya pada teman.


Kata pepatah bilang malu sesat dijalan. Memang benar kenyataannya. Dalam hal ini juga sama jika anda malu bertanya pada teman maka kesempatan untuk mendapat ide baru akan terlewatkan.
Maka dari itu lakukanlah survey dan ajukan pertanyaan ke teman anda.

Contohnya "bro apa yang sering kamu cari di google?" maka otomatis teman anda menjawab, umpama jawabannya "cara menaklukkan hati si doi" , terus ajukan pertanyaan lagi. "hal apa yang susah kamu lakukan untuk menaklukkan hati si doi?" umpama teman anda menjawab "cara membuatnya tertawa" maka langsung saja anda catat pada buku kosong yang anda miliki. Lalu kasi caranya dalam bentuk postingan.

Silakan anda buat daftar pertanyaannya dulu, kalau sudah langsung saja tanyakan. Anda bisa menjiplak pertanyaan di atas untuk mendapat ide baru. Silakan lakukan survey pada semua teman yang anda miliki.

Sekian artike dari saya membahas ide membuat artikel dengan cepat. Semoga artikel kali ini bisa berman

3 komentar

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

http://www.instasende.com instagram takipci hilesi

Cara Mudah Mendapatkan Uang Tambahan Dari Agen S1288Poker Game Online
Di Sini Kami Agen S1288Poker Memberikan Modal Bonus Freechip Sebesar 10.000idr

HUBUNGI KAMI:
livechat: www,s1288poker,com
pin BB: 7AC8D76B


EmoticonEmoticon